Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Segera Di Buka


Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Segera Di Buka - Ada kabar baik untuk para guru yang belum memiliki sertifikasi profesi, kabarnya KEMENRISTEK DIKTI dalam waktu dekat akan meluncurkan sebuah Program Study (Prody) yang di khususkan untuk para lulusan guru.

sumber gambar: telegraph.co.uk

Tujuan dari pembentukan program study (Prodi) PPG ini adalah untuk meningkatkan daya saing dan mutu guru maupun Pendidikan di Indonesia. Saat ini memang masih banyak lulusan S-1, D3 keguruan yang belum memiliki sertifikat profesional.

Sehingga masih banyak di temui dilapangan bahwa seorang guru mengajar dengan metode yang tidak kreatif, monoton, dan hanya terkesan berceramah didalam kelas. "Peluncuran prodi ini untuk menyesuaikan pendidikan profesi dengan Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen," kata Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwignjo di Surabaya, Sabtu (15/4/2017).

"Prodi ini bisa dibuka oleh semua institusi perguruan tinggi. Syaratnya harus terakreditasi lembaga dan prodi S1-nya. Bisa akreditasi A atau B, kalau C ya tidak bisa," ujarnya dalam orasi Ilmia Kebijakan Pendidikan Tinggi yang merupakan bagian dari penutupan Dies Natalis Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya.

Keberadaan prodi ini lanjut dia, juga akan menghapuskan syarat peserta PPG harus mengikuti program Sarjana Mendidik di daerah 3T (SM3T). Selain itu, PPG bisa dibuka oleh seluruh perguruan tinggi, baik di Jawa atau diluar Jawa.

Sementara itu, untuk mendaftar prodi PPG ini juga tidak diharuskan fresh graduated, guru yang belum sempat mengikuti PPG juga diperkenankan. "Tujuan SM3T dilakukan untuk melatih calon guru di Daerah. Sebetulnya proses pendidikan tidak di daerah," tuturnya.

Prodi PPG, lanjutnya, akan dibatasi kuotanya tergantung kebutuhan guru dari Dirjen Guru dan tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Hasil perhitungan kebutuhan guru berdasarkan jenjang dan jenis pelajaran ini akan menentukan kuota setiap prodi.

"Tahun pertama masih bisa diberi hibah seperti program PPG yang ada saat ini. kalau kuotanya akan disesuaikan dengan kualitas institusi. Kalau kampusnya bagus maksimal kuotanya 250, kalau kampusnya biasa ya 50 dulu," kata dia.

Dia menambah, Prodi PPG ini akan dibuka dengan program pembelajaran selama 1 tahun, sama halnya dengan PPG yang selama ini dilaksanakan disejumlah perguruan tinggi yang ditunjuk pemerintah.

Ia menjelaskan, prodi ini akan memberikan tambahan kompetensi calon guru dalam mengajar, sama halnya keprofesian insinyur, dokter, dan lainnya. Sementara itu, Wakil Rektor III UM Surabaya Aziz Alimul Hidayar menjelaskan, pihak antusias untuk peluang membuka prodi PPG ini. Apalagi tidak semua Mahasiswa selama ini bisa mengikuti SM3T sebagai syarat PPG. (Sumber:jpp.go.id)

SUDAH SIAP JADI GURU yang PROFESIONAL dengan PRODI PPG?

sumber gambar: the74million.org


Demikianlah postingan informasi "Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Segera Di Buka " ini semoga bermanfaat untuk kamu sekalian ya, aamiin.
taq: Kemristekdikti Luncurkan Prodi PPG, Kemenristekdikti Luncurkan Prodi Pendidikan Profesi Guru 2017, Prodi PPG bisa Dibuka di Semua Kampus, Kemenristekdikti akan Luncurkan Prodi PPG, Kemenristekdikti segera luncurkan prodi pendidikan profesi guru, Daftar Perguruan Tinggi Penyelenggara PPG, Pemerintah Akan Buka Prodi Pendidikan Profesi Guru, Daftar Perguruan Tinggi Penyelenggara PPG (Pendidikan Profesi Guru), cara daftar PPG, syarat daftar PPG.



Artikel Lainnya

loading...